Makin Jelas! Tol Menuju Kota ‘Raksasa’ Segera Dibangun

Tol akses kota baru

Persiapan pembangunan tol Kamal-Teluk Naga-Rajeg mulai dilakukan. Ditandai dengan segera dimulainya konsultasi publik oleh pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Konsultasi publik merupakan salah satu proses awal persiapan pembangunan, wadah dialog dengan warga yang tanah atau asetnya terkena dampak pembangunan proyek tol ini.

Tol ini akan menyokong pengembangan kota baru di pesisir Jakarta, tepatnya di Pantai Utara Kabupaten Tangerang.

Pemerintah Kabupaten Tangerang sendiri pun sudah menyiapkan ribuan hektare hingga lahan reklamasi untuk untuk mendukung pengembangan perkotaan baru di pesisir Tangerang, salah satunya PIK 2 yang digarap Agung Sedayu Group.

“Bersama ini kami mengundang pihak yang berhak/pengelola barang/pengguna barang/masyarakat terdampak pada rencana lokasi pembangunan dalam konsultasi publik II,” demikian bunyi Pengumuman Kementerian PUPR, dikutip Rabu (26/10/2022).

Konsultasi publik itu akan diselenggarakan di Kelurahan Kamal Muara Lantai III, Jakarta Utara dengan 51 undangan dari unsur masyarakat hingga perusahaan.

Selanjutnya, sebelum konstruksi dimulai, proyek ini masih harus melewati beberapa proses. Seperti pemasangan patok trase, pengadaan dan inventarisasi tanah.

Tol Kamal-Teluk Naga-Rajeg sepanjang 38,6 km merupakan bagian dari tol lingkar utara, dimulai dari wilayah Cikupa, Rajeg, Mauk yang terkoneksi dengan jalan tol Sedyatmo atau kawasan Bandara Soekarno Hatta.

Pada Februari 2022 lalu, Kementerian PUPR telah menetapkan PT Duta Graha Karya sebagai konsorsium yang lulus tahap prakualifikasi lelang pengusahaan tol ini.

Tol ini direncanakan memiliki 7 interchange, 2 junction, dan 1 on ramp. Selain itu, akan terdapat 4 jembatan dan 5 underpass.

Dalam dokumen Simpul KPBU kementerian PUPR, ada usulan proyek Jalan Tol Kamal-Teluk Naga-Rajeg sepanjang 38,6 km yang akan memotong kawasan pesisir Kabupaten Tangerang.

Biaya investasi proyek ini sekitar Rp 18,51 triliun, termasuk biaya konstruksi Rp 8,68 triliun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*