Potret Haru Ridwan Kamil Gantikan Eril Hadiri Wisuda di ITB

Ridwan Kamil menghadiri Wisuda Almarhum Eril dan mewakili prosesi Wisuda di Institut Teknologi Bandung pada Sabtu (8/4/2023). (Tangkapan Layar Instagram @ridwankamil)

Momen haru terjadi saat digelarnya wisuda Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB) kemarin, (8/4/2023). Mendiang putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), diwisuda pihak kampus.

Kehadiran Eril sebagai wisudawan digantikan sang ayah. Sebagaimana diketahui, Eril hilang terseret arus Sungai Aaree Bern, Swiss, pada Juni 2022 silam. Sepekan pencarian berlalu, pihak keluarga menyata Eril telah wafat.

“Untuk semua yang diwisuda, termasuk kami, walaupun dibersamai oleh almarhum Eril (al fatihah) dengan cara dan takdir yang tidak sama. Apapun itu skenario Allah adalah yang paling mulia,” kata Ridwan Kamil dikutip dari akun instagramnya, Minggu (9/4/2023).

Saat prosesi wisuda itu, Ridwan Kamil turut memberikan kata sambutan. Selama prosesi wisuda yang ia unggah dalam akun instagramnya, pria yang akrab disapa Kang Emil itu tak nampak sedih, namun ia menyatakan kesedihannya tak mau ditampilkan.

“Bahagiakanlah yang kita cinta, mumpung waktu dan usia di dunia ini masih ada. Hatur nuhun. Pak kok enggak nangis? Nangislah, lahir batin, tapi tidak mungkin diperlihatkan,” kata Kang Emil.

Kang Emil menyatakan, hari wisuda kemarin itu adalah hari bahagia bagi Eril dan keluarga. Kelulusan Eril dari ITB kata Kang Emil bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan. Ia mengaku sangat berbahagia karena Allah masih memuliakan Eril dengan gelar sarjana ITB walaupun sang anak sudah berpulang

“Ahamdulillah sebagai orang tua sangat bangga dan sangat berbahagia. Walaupun jasadnya itu sudah tidak ada tapi memori kebaikannya selalu menyertai kita bersama,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, ibunda Eril Atalia Praratya menganggap, kelulusan itu menunjukkan bahwa Eril bisa menyelesaikan semua urusan dunianya dengan baik dan sesuai mimpi yang ia panjatkan bersama orang tuanya.

“Kita doakan ya, saling mendoakan, Eril doakan mamah, mamah doakan Eril, semoga Eril juga bisa bahagia di dunia dan akhirat, Eril you did it,” ucap Atalia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*