Taiwan & Malaysia Tarik Indomie, Indofood Tegas Bilang Ini

Indomie Rasa Ayam Spesial (CNBC Indoneia/Rindi Salsabilla)

Kementerian Kesehatan Malaysia resmi menarik Indomie Rasa Ayam Spesial dari peredaran di negaranya. Sebelumnya Departemen Kesehatan Taipei juga menemukan kandungan etilen oksida dalam produk mi instan merek Indomie dari Indonesia dan Ah Lai dari Malaysia.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (“ICBP” atau “Perseroan”) sebagai anak perusahaan PT Indofood Sukses Makmur pun buka suara atas ‘dijegalnya’ produk mi di kedua negara tersebut.

“Kami ingin menegaskan bahwa sebagaimana disampaikan oleh Badan POM RI, produk mi instan Indomie aman untuk dikonsumsi,” ungkap Direktur ICBP Taufik Wiraatmadja saat dikonfirmasi, Jumat (28/4/2023).

Indofood menegaskan semua produk mi instan yang diproduksi oleh ICBP di Indonesia diproses sesuai dengan standar keamanan pangan dari Codex Standard for Instant Noodles dan juga standar yang sesuai dengan ketentuan Badan POM RI.

“Produk mi instan kami telah mendapatkan Sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) serta diproduksi di fasilitas produksi yang tersertifikasi Standar Internasional,” tegas Taufiq.

Hingga kini ICBP telah mengekspor produk mi instan ke berbagai negara di seluruh dunia selama lebih dari 30 tahun. Perseroan juga mengklaim senantiasa memastikan bahwa produknya telah memenuhi peraturan dan ketentuan keamanan pangan yang berlaku di Indonesia dan berbagai negara dimana produk mi instan ICBP dipasarkan.

Kabar temuan pada Indomie kembali mengejutkan. Berdasarkan hasil pengujian departemen Kesehatan Taipei, etilen oksida ditemukan pada mi dan paket bumbu Mie Kari Putih Ah Lai, sementara itu di Indomie: Rasa Ayam Spesial, etilen oksida hanya terdeteksi di paket bumbu.

Setelah penemuan tersebut, Departemen Kesehatan Taipei pun telah meminta seluruh toko di ibu kota untuk menarik produk Indomie: Rasa Ayam Spesial dan Mie Kari Putih Ah Lai dari penjualannya.

Selain itu, importir produk juga akan didenda sebesar 60 ribu dollar baru Taiwan atau sekitar Rp29,2 juta hingga 200 juta dollar baru Taiwan atau sekitar Rp97,3 miliar (asumsi kurs Rp486/dollar baru Taiwan).

Di Malaysia, Menteri Kesehatan Malaysia, Muhammad Radzi Abu Hassan mengatakan bahwa pihaknya sudah resmi menarik Indomie Rasa Ayam Spesial yang diimpor dari Indonesia. Hal itu dilakukan setelah otoritas Taiwan mengatakan bahwa paket bumbu Indomie Rasa Ayam Spesial mengandung zat pemicu kanker.

“Kementerian telah mengeluarkan perintah Hold, Test, and Release produk tersebut di semua titik masuk ke dalam negeri,” tegas Radzi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*