Terungkap! Asal-usul Tumpukan Pipa Beton Doraemon yang Viral

Doraemon (Tangkapan Layar)

Hampir setiap anak Indonesia pernah menonton kartun Doraemon. Serial komik ciptaan Fujiko F. Fujio, seniman asal Jepang, ini memang melegenda.

Bila Anda menyadari, dalam serial dan film Doraeman sering terlihat tiga pipa beton ikonik yang berada di lapangan tempat bermain Nobita, Doraemon, Giant dan Suneo. Biasanya, di atas pipa beton itu Nobita dan teman-temannya sering duduk santai, bahkan sampai tertidur pulas di dalamnya.

Namun, pernahkah terlintas di benak Anda, dari mana asal-usul pipa beton tersebut?

Pertanyaan yang sama pernah diajukan oleh salah seorang selebtwit dengan akun @senjatanuklir. Dia penasaran ingin tahu mengapa pipa beton tersebut ada di sana.

“Pipa beton di Doraemon sebenernya tuh buat proyek apa,” cuitan @senjatanuklir.

Kementerian PUPR Republik Indonesia pun turun tangan memberi penjelasan. Melalui akun Twitternya, @kemenPU menyebut pipa beton itu disebut dokan dan dipakai sebagai saluran pembuangan di era Kekaisaran Meiji.

Kaisar Meji sendiri adalah kaisar Jepang ke-122 yang memerintah dari 3 Februari 1867 sampai meninggal dunia pada Juli 1912. Selama masa kekuasaannya, Kaisar Meji banyak melakukan pembangunan infrastruktur kota.

“Pipa beton (dokan) dipakai untuk pembangunan saluran pembuangan dalam proyek infrastruktur di era Meiji. Karena keterbatasan lahan, makanya ditempatkan di lapangan tempat Nobita bermain,” cuitan Kementerian PUPR.

“Pipa beton juga umum digunakan untuk pembangunan saluran pembuangan di Program KOTAKU lho,” @KemenPUPR menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*