Toyota Rilis Senjata Ampuh Lawan Mobil ‘Pembunuh’ Avanza

Pengunjung melihat All New Agya dan Agya GR Sport di ajang Gaikindo Jakarta Auto Show (JAW), Jumat (10/3/2023). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Honda Brio terus menjadi mobil terlaris mengalahkan nama tenar lainnya seperti Toyota Avanza. Salah satu kunci kesuksesannya ialah dengan hadirnya line up hatchback Brio RS yang berada di luar segmen low cost green car (LCGC).

Namun, pesaingnya yaitu Toyota juga merilis Agya GR Sport dan mengisi segmen yang sama untuk berhadapan dengan Brio RS.

“Metodenya waktu kita studi Agya, ternyata ada beberapa orang yang pengen gue pengen Agya gue jauh dari Agya yang udah ada, pertimbangannya itu. Setelah ngobrol dengan GR company, kita temukan main-nya di dalam kota, akhirnya bikin Agya GR yang demi kita keluarin item tertentu, kita keluarin dari LCGC,” kata Head of Interactive Communication Toyota Astra Motor (TAM) Dimas Azka kepada CNBC Indonesia, Senin (20/3/2023).

Demi memfasilitasi keinginan konsumen tersebut, Toyota melakukan sejumlah perubahan besar dari berbagai hal, mulai dari platform hingga mesin. Sebelumnya, Agya menggunakan mesin 4 silinder dan kini berubah menjadi 3 silinder. Meski demikian, nyatanya tidak berisik seperti umumnya mesin 3 silinder karena menggunakan peredam di bagian atas kap mesin.

“Perubahannya dilakukan banyak banget, satu level seperti waktu ganti Avanza ke All New Avanza. Ini benar-benar Agya baru kaya engine, platform baru, ban baru. Velg jadi racing memang cost nggak gede, Cost paling gede shockbreaker. Stirnya beda, powersteering beda, suspensi GR jauh lebih keras karena dibikin sporty. dibuat lebih rigid, feeling-nya jadi keras,” kata Dimas

Dari sesi test Drive yang dilakukan CNBC Indonesia, ada perbedaan yang cukup signifikan antara Agya 1.2 G Automatic Standard yang merupakan LCGC dan Agya 1.2 G A/T GR Sport.

Di versi GR Sport, Body roll terasa minim, serta kaki-kaki baru membuatnya lebih stabil dan rigid dibanding yang standard. Handling versi GR Sport juga dan responsif karena power steering dengan spesifikasi lebih tinggi, ditambah ban dengan jenis sports.

Beberapa perbedaan itu membuat Agya seakan siap untuk menghadang penjualan Honda Brio yang kerap menjadi mobil terlaris, sekaligus membantu sang kakak, Avanza dalam penjualan di induk yang sama. Namun, Toyota enggan menyebut hadirnya mobil ini untuk menghadang Brio.

“Kalau dibilang mau nyaingin Brio ya nggak juga, tapi karena kebutuhannya konsumennya beda seperti sporty dan inginnya performanya beda. Kalau ngomong jualan, nggak bisa 20 atau 10 besar. kan tergantung market-nya,” ujar Dimas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*